Manajemen bisnis merupakan
upaya pengaturan secara menyeluruh guna menjalankan sebuah usaha bisnis yang
profesional dan menghasilkan tujuan bisnis yang diinginkan. Manajemen bisnis
dibutuhkan dalam rangka tercapainya sebuah tujuan sebuah usaha bisnis baik dari
aspek profit maupun tujuan lain sesuai yang diinginkan oleh pihak pengelola
bisnis.
Sebuah proses pengaturan diperlukan
agar sebuah usaha tidak sembarangan, mampu melakukan perencanaan, target-target
yang diinginkan serta dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan sebuah resiko
usaha bisnis.
Sebuah langkah profesional yang
dilakukan sebelum merancang sebuah manajemen bisnis biasanya dilakukan dengan
membuat sebuah rancangan global sebuah bisnis atau yang dikenal dengan business
plan.
Business plan menyangkut bagaimana manajemen
bisnis serta perencanaannya dari berbagai aspek, diantaranya adalah manajemen
pemasaran, manajemen produksi, manajemen finansial dan sebagainya. Melalui sebuah business yang mantap,
biasanya sebuah usaha akan meyakinkan untuk dikelola secara maksimal.
Untuk bentuk usaha bisnis dengan
skala kecil pun diperlukan sebuah upaya manajemen bisnis yang baik, hanya berbeda
pada ukuran skala saja serta pengerjaannya yang lebih sederhana dan bisa
dikerjakan rangkap oleh satu atau dua orang dari pengelola bisnis tersebut.
Beberapa hal yang menjadi patokan utama manajemen bisnis diantaranya adalah
beberapa hal berikut ini:
1. Manajemen produksi
Manajemen produksi merupakan pengaturan dan perencanaan terkait ketersediaan bahan baku maupun bahan jadi yang siap dipasarkan pada sebuah perusahaan bisnis. Manajemen bisnis di bidang produksi menyangkut bagaimana proses produksi itu bisa berlangsung dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk atau layanan yang diminati oleh konsumen.
Manajemen produksi merupakan pengaturan dan perencanaan terkait ketersediaan bahan baku maupun bahan jadi yang siap dipasarkan pada sebuah perusahaan bisnis. Manajemen bisnis di bidang produksi menyangkut bagaimana proses produksi itu bisa berlangsung dengan baik sehingga mampu menghasilkan produk atau layanan yang diminati oleh konsumen.
2. Manajemen pemasaran
Manajemen bisnis di bidang pemasaran menyangkut segala bentuk perencanaan, bentuk, target serta tujuan dan hasil dari sebuah proses marketing atau pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah manajemen pemasaran.
Manajemen bisnis di bidang pemasaran menyangkut segala bentuk perencanaan, bentuk, target serta tujuan dan hasil dari sebuah proses marketing atau pemasaran. Penjualan yang meningkat dan upaya untuk memperkenalkan produk kepada konsumen merupakan target utama dari sebuah manajemen pemasaran.
Tanpa adanya sebuah manajemen
pemasaran yang baik, maka sebuah perusahaan akan mengalami kondisi sulit dalam
hal pemasukan atau income yang diperoleh. Pemasaran memegang peran vital
terhadap eksistensi sebuah perusahaan. Produk atau jasa yang kurang bermutu pun
akan bisa terjual laris apabila perusahaan Anda memiliki seorang manajer
pemasaran yang handal. Kreatifitas dan inovasi perlu dijalankan dalam merancang
sebuah manajemen bisnis di bidang pemasaran.
3. Manajemen distribusi
Manajemen bisnis di bidang distribusi memegang peran mendukung manajemen pemasaran. Meskipun pemasaran telah berjalan dengan baik, namun apabila manajemen distribusi mengalami hambatan, maka marketing juga akan terganggu. Proses penyaluran barang produksi atau layanan jasa kepada konsumen sangat ditentukan oleh bagaimana pola manajemen distribusi tersebut dirancang oleh sebuah perusahaan.
Manajemen bisnis di bidang distribusi memegang peran mendukung manajemen pemasaran. Meskipun pemasaran telah berjalan dengan baik, namun apabila manajemen distribusi mengalami hambatan, maka marketing juga akan terganggu. Proses penyaluran barang produksi atau layanan jasa kepada konsumen sangat ditentukan oleh bagaimana pola manajemen distribusi tersebut dirancang oleh sebuah perusahaan.
4. Manajemen finansial
Manajemen finansial di dalam sebuah usaha bisnis menyangkut transparansi dan pengelolaan sirkulasi keuangan sebuah perusahaan. Manajemen keuangan menyangkut bagaimana keuangan perusahaan mampu dibagikan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
Manajemen finansial di dalam sebuah usaha bisnis menyangkut transparansi dan pengelolaan sirkulasi keuangan sebuah perusahaan. Manajemen keuangan menyangkut bagaimana keuangan perusahaan mampu dibagikan sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
Tanpa adanya sebuah manajemen bisnis
yang baik di bidang keuangan, maka biasanya perusahaan tidak mendapatkan data
keuangan yang jelas. Hal ini biasa dialami oleh para pengelola bisnis kecil
yang masih amatiran, dimana manajemen keuangan jarang diperhatikan sehingga
untung atau ruginya saja sebuah usaha bisnis sulit ditentukan.
Beberapa bentuk manajemen bisnis di
atas sangat penting diperhatikan oleh para pengelola usaha bisnis yang ingin
sukses dalam menjalankan sebuah bisnis usaha. Tanpa adanya sebuah manajemen
yang baik, maka mustahil sebuah perusahaan akan mampu berjalan dengan baik
seperti yang menjadi harapan pemiliknya.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar