Senin, 04 November 2013

TUGAS JURNALISTIK INDIVIDU



NEWS
Rabu, 30 Oktober 2013

JALAN SETAPAK MENGUNDANG KONTROVERSI

 

(kondisi jalan ketika sedang macet)
 
BEKASI, Jalan setapak yang menjadi akses bagi pengendara motor mengalami kerusakan yang cukup mengkhawatirkan seperti yang terjadi di kawasan Bekasi Utara tepatnya di daerah Perumahan Permata Hijau Permai Blok C rt 005 rw 017. Kondisi jalan ini tidak terlalu parah akan tetapi permukaan jalan ini sudah tidak merata terdapat sedikit lubang, para pengendara hendaknya berhati-hati jika ingin menuruni jalan ini. Bentuk dari jalan kecil ini seperti perosotan anak-anak tidak begitu terjal namun cukup membahayakan, hampir banyak kecelakaan yang terjadi dijalan ini seperti pengendara motor yang terjatuh karena tekstur dari adukan semen yang makin lama makin kurang membaik.
Oleh karena itu pada tanggal 17 September 2013 yang lalu, salah satu warga berinisiatif untuk memperbaiki jalanan tersebut, namun dana yang dibutuhkan bukan dari kas pribadi akan tetapi sumbangan dari pengendara motor  yang berlalu lalang. Cara warga tersebut untuk  mendapatkan dana yaitu dengan meletakan kotak amal di bawah turunan jalan, tidak sedikit para pengendara yang ingin menyumbangkan uangnya kedalam kotak amal. Rencana perbaikan jalan mendapatkan respon yang bagus terlihat dari hasil yang didapatkan cukup banyak dari mulai tanggal 17 sampai 23 september mendapatkan dana sebesar Rp 700.000,00.
Pengerjaan dimulai pada tanggal 5 Oktober 2013, bukan hanya para penikmat jalan yang menyumbangkan sebagian uangnya namun para warga sekitar sedikit demi sedikit mulai berdatangan untuk membantu, mulai dari menyumbangkan uang hingga jasa sehingga jumlah dari keseluruhan dana mencapai Rp 2.500.000,00. Kerja keras dan gotong royong warga sekitar  patut diacungi jempol. Namun dikarena rencana perbaikan jalan ini tidak diketahui oleh ketua RW (Rukun Warga) setempat, mengalami sedikit masalah.
Ketua RW 017 Permata Hijau Permai tidak menyetujui untuk diadakannya perbaikan jalan dikarenakan dengan alasan yang semu seperti rawan kecelakaan dan keamanan, jalanan kecil yang terdapat diblok C Permata ini merupakan satu-satunya akses jalan yang sering digunakan. Bahkan sering sekali digunakan sebagai jalan utama apabila terjadi macet yang cukup parah didaerah SPBU Permata.
Masalah perbaikan jalan tersebutpun sampai pada musyawarah bersama bagi seluruh warga blok C, sebagin warga menginginkan untuk membongkar jalan tersebut namun tidak sedikit warga yang mempertahankan proses perbaikan jalan. Banyaknya dukungan dari para warga akhirnya perbaikan jalan tersebut dapat berjalan dengan baik, jalan kecil yang terdapat di blok C Permata tidak jadi untuk dibongkar dengan alasan jalanan bukan untuk jalan pribadi namun untuk keperluan umum khusunya anak sekolah. Namun dengan satu syarat jalanan tersebut  boleh diperbaiki yaitu dengan memasangkan lampu dan portal.
 

INVESTIGASI
 
                             PENIPU ULUNG YANG CERDIK

BEKASI, Investigasi ini bermula pada tanggal 21 September 2013, sebut saja laki-laki ini dengan nama Bayu. Dia  adalah karyawan yang bekerja di salah satu konter daerah Bekasi. Sudah lama Bayu bekerja bersama bossnya, sejak awal kenerja dari anak ini sudah terlihat bagus, dan yang paling penting ia adalah anak yang jujur menurut pengakuan dari sang pemilik konter tersebut. Akan tetapi nasib konter tersebut tidaklah berumur panjang, karena alasan yang dirahasiakan terpaksa konter tersebut ditutup. Bayu terpaksa berhenti dari pekerjaannya. Antara Bayu dengan sang Boss tidak lagi menjalin komunikasi, mereka putus hubungan begitu saja.
Setelah beberapa tahun kemudian, Bayu yang sudah beranjak dewasa umurnya sekitar 22 tahun. Datang mengunjungi mantan Bossnya, dan menjelaskan maksud dan tujuannya itu. Singkat kata dia meminta untuk dapat tinggal dirumah mantan Bossnya, dengan alasan dia tidak memiliki siapa-siapa bahkan orang tuanya sudah bercerai dan tidak mengakui dia sebagai anak kandungnya ujar Bayu. Karna kebaikan hati dari mantan Bossnya terhadap Bayu akhirnya Bayu diterima dengan tangan terbuka bahkan sudah dianggap sebagai saudara. Sudah hampir 1 bulan Bayu tinggal bersama mantan Bossnya, kehidupannya sudah mulai membaik apa yang dia butuhkan terpenuhi, mulai dari tempat tinggal, makan, bahkan pakaian dia dapatkan dari keponakan mantan Bossnya tersebut, fasilitas-fasilitas juga dia terima mulai dari handphone sampai sepedah motor dan yang terakhir kerjaan dapat dia peroleh walaupun tidak bekerja di tempat mantan Bossnya.
Tepatnya tangal 12 Oktober 2013 rencana jahatnya mulai tercium, kala itu sang pemilik rumah hampir semua tidak berada di dalam rumah mereka sibuk dengan acaranya masing-masing. Kejadian berawal dari sang pemilik rumah, mereka (keluarga bossnya Bayu) meyebutnya tante baru saja pulang dari rumah sakit. Lalu meminta kunci rumah pada pemilik warung yang berada di samping rumahnya tersebut, kebiasaan dari keluarga mereka ialah menitipkan kunci rumah pada pemilik warung tersebut. Ketika mengetahui bahwa Bayulah yang terakhir membawa kunci rumah dan motor, akhirnya sang pemilik rumah bergegas menghubungi Bayu untuk menanyakan keberadaannya tersebut. Namun sulitnya untuk berkomunikasi dengan Bayu karena kala itu Bayu tidak membawa handphone, lalu sang pemilik rumahpun berinisiatif untuk pergi ketempat kerjaan Bayu. Lalu dari tempat kerjanya sang pemilik rumah mengetahui bahwa Bayu jarang masuk kerja bahkan tidak pernah kerja, kecurigaanpun mulai muncul kala itu.
                                                                


                                            (Keterangan: handphone yang dijual oleh Bayu)

Bayu dengan tega membawa barang –barang berharga seperti sepedah motor, 9 handphone (3 blackbarry, 5 Nokia dengan macam-macam tipe dan Taxco). Semua barang-barang yang dia ambil digadaikan dengan harga yang sangat murah. Seperti 1 blackbarry dan 4 Nokia dia gadai dengan harga Rp 100.000,00 didaerah Pasar Keranji, Bekasi Utara. Lalu 1 Nokia dan 1 Blackbarry dengan harga Rp 150.000,00 dan handphone Taxco dijual sebesar Rp 80.000,00.



                                               (Keterangan: motor yang diambil oleh bayu)
 
Tidak terima dengan perlakuan Bayu, si korban yang juga mantan dari Bossnya. Terus mencari keberadaan tersangka tersebut, berencana untuk menjebak Bayu dengan cara mengikutinya. Ketika Bayu ingin berkencan dengan pacarnya, pacarnya ialah sahabat dari kerabatnya keluarga korban. Pada hari senin sore tepatnya jam 7.00 WIB ketika dua sejoli ini ingin bertemu tepatnya di daerah McDonald's Amanda, namun tersangka datang pada pukul 8.10 WIB sekitar 2 menit Bayu berbincang-bincang dengan pacarnya dari arah belakang seorang laki-laki yang dia adalah pemilik kendaraan sepedah motor datang dengan membawa vleg ban mobil dengan cepat terhempas mengenai pelipis kanan tersangka, lalu lelaki tersebut menarik kepala Bayu sampai parkiran motor, lalu Bayu yang ternyata seorang penipu ulung dibawa dan diintrogasi. Dengan berbagai proses yang panjang Bayu mengakui kesalahnnya (seperti yang telah dilangsir diatas), masalah ini dibawa dalam jalur kekeluargaan Bayu si pencuri dibebaskan dan dibawa pulang kerumah orang tuanya yang ternyata ibunya adalah dalang dari semua kejahatan tersebut.



     
FEATURE

PESONA PANTAI MARUDA KURANG MEMIKAT


          


                                (kondisi Pantai Marunda saat menjelang Sore)  

BEKASI,  Hari Rabu sore masih kental diingatan ketika saya menghabiskan waktu di salah satu tempat pariwisata di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara yaitu Pantai Marunda. Pantai Marunda adalah salah satu objek wisata yang tergolong murah meriah. Tak sering akan tetapi sesekali saya dan keluarga senang menyempatkan diri untuk berlibur ditempat tersebut. Hari Rabu yang lalu saya baru mengetahui untuk masuk ke Pantai Marunda di kenakan biaya, kala itu saya berfikir mulai adanya peningkatan di tempat pariwisata tersebut. Dulunya untuk masuk ke Pantai Marunda tidak dikenakan biaya seperti sekarang ini, namun tidak terlalu mahal. Biaya untuk masuk atau parkir motor yaitu sebesar Rp 3.000,00
Mungkin jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain seperti Pantai Bali ataupun Lombok sangat berbeda sekali, Pantai Marunda ini sangat sederhana fasilitas-fasilitas yang ditawarkan tidak begitu banyak seperti adanya perahu kecil yang dapat mengelilingi anda di sekitar laut biaya yang diminta untuk anak kecil Rp 3.000,00 sedangkan orang dewasa Rp 5.000,00 selain itu anda dapat turun langsung ke bawah bibir pantai disana juga terdapat tempat makan yang menyediakan makanan-makanan laut. Yang paling terpenting anda dapat melihat Rumah Si Pitung dan Mesjidnya, sangat disayangkan bagi saya setiap kali saya pergi ke Pantai Marunda lupa untuk melihat Rumah Si Pitung.


Memang fasilitas yang sangat minim, membuat tempat ini jauh dari kata sempurna. Menurut saya tuhan memberikan nikmat yang sangat luar biasa seperti keindahan alam,akan tetapi selalu saja manusia yang lagi-lagi kurang bersyukur akan nikmat-Nya. Ini adalah opini saya pribadi seharusnya kita dapat menjaga keindahan alam yang telah tuhan kasih untuk umat manusia seperti merawat dan menjaga keindahan alam agar tetap asri dan terawat.
Seperti yang telah saya jelaskan, sangat disayangkan setiap kali saya melihat disekitar daerah Pantai Marunda banyak sekali sampah rumah tangga yang berserakan disana-sini. Kurangnya perawatan dan perhatian dari masyarakat sekitar dan pemerinta setempat. Akan tetapi tempat ini merupakan hiburan tersendiri bagi warga Jakarta, Bekasi dan sekitarnya. Walaupun demikian bisalah jika hanya untuk melepaskan kejenuhan di pantai dan bermain-main air.
 



OPINI

PESONA INDONESIA



BEKASI, Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki keindahan yang luar biasa, sebut saja Pantai Kuta, Pantai Raja Ampat dll. Setelah saya membaca beberapa artikel mengenai keindahan alam Indonesia, bahwa di Indonesia kita memiliki bermacam-macam pulau yang luar biasa menarik. Sebut saja Gili Trawangan yang berada di Lombok, NTB. Banyak tempat-tempat pariwisata yang wajib untuk dikunjungi dan bahkan belum pernah terjamak oleh manusia. Dapat dibayangkan begitu indahnya jauh dari lingkungan masyarakat dan pastinya masih sangat asri.
Hal ini mengakibatkan banyaknya para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri yang ingin menghabiskan waktu liburannya ke surge dunia ini, karena keindahan pantai dan laut yang selalu di tawarkan negeri kita ini, tidak hanya itu saja Indonesia juga memiliki keanekaragaman suku bangsa dan bahasa sehinga tidak sedikit para wisatawan /orang asing yang ingin mengetahui bahkan mempelajari kebudayaan negeri tercinta ini. Di salah satu program stasiun televisi saya pernah melihat seorang dosen luar negeri pernah melakukan riset mengenai musik tradisional Indonesia yaitu dangdut. Beliau sangat antusias untuk mempelajari musik dangdut. Itu berarti musik dangdut memiliki keunikan dan keindahan suara khas gendang yang merupakan ciri dari musik dangdut. Jadi jangan pandang sebelah mata musik dangdut.


Selain dilihat dari keindahan tempat dan kebudayaan, Indonesia juga memiliki masakan yang khas akan bumbu rempah-rempahnya, menurut saya masakan Indonesia adalah masakan yang paling sulit diantara masakan cepat saji yang kini telah menjamur disetiap kota-kota. Hal ini saya ketahui sewaktu saya menonton salah satu program terlevisi. Program tersebut lebih kepada kuliner, para peserta lebih mahir memasak masakan western ketimbanng masakan Indonesia yang mereka rasa sulit. Kini jika kita pergi ke luar negeri tak perlu susah-susah mencari masakan Indonesia, sangking banyaknya orang Indonesia yang memilih untuk menetap bahkan bekerja disana. Diluar negeri seperti Amerika Serikat banyak ditemukan masakan Indonesia seperti rendang (masakan khas Padang). Itu berarti disetiap tempat adalah Indonesia akan tetapi tempat tersebut belum tentu Indonesia ( kutipan dari dosen saya).
Di samping ada kebaikan disisi lain ada juga kekurangan. Akan tetapi ini merupakan opini saya pribadi seharusnya kita sebagai warga Negara Indonesia yang baik harus dapat merawat keindahan alam yang kita punya seperti jangan membuang sampah sembarangan, ataupun merusak fasilitas-fasilitas seperti mencoret-coret dinding di tempat pariwisata. Dan yang paling terpenting adalah perlunya dukungan dari masyarakat sekitar dan pemerintaha sekitar/daerah setempat untuk membangun atau menciptakan pariwisata yang nyaman dan bersih. Yang paling terpenting dari itu semua ialah memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap Negara Indonesia, kita sebagai orang dan bangsa Indonesia harus menjunjung tinggi negeri ini, jika bukan kita yang peduli siapa lagi yang akan peduli. Bangsa yang besar adalah bangsa yang peduli pada apa yang ada di dalam negaranya baik itu jelek ataupun baik nampaknya.


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar