Minggu, 13 Oktober 2013

Kekayaan Seni Pulau Lombok NTB ( Nusa Tenggara Barat )

     Setiap pulau-pulau di Indonesia memiliki ciri khas sendiri, seperti kebudayaan, adat istiadat maupun seni kerajinan. seperti halnya di daerah Lombok, NTB (Nusa Tenggara Barat) juga memiliki potensi yang sangat besar di bidang industri kerajinan. Kini industri kerajinan di daerah timur indonesia ini sudah mulai berkembang dan memiliki banyak peminat baik dari dalam maupun luar. Salah satu hasil kerajinan yang di sukai oleh para pelancong adalah kerajinan anyaman Lombok yang terbuat dari berbagai jenis bahan baku seperti bambu, rotan dan ate atau keta (sejenis rumput gunung). Perpaduan antara seni kerajinan anyaman bambu, rotan atau rumput gunung yang dikombinasikan dengan bahan kayu menghasilkan kombinasi berupa barang kerajinan yang sangat serasi dan indah.



     Sentuhan bahan pewarna yang umumnya mirip dengan warna alami dari komponen bahan bakunya semakin menambah keindahan barang kerajinan khas Pulau Lombok, provinsi NTB itu. Tidak mengherankan apabila kalangan pecinta barang kerajinan dan barang seni selalu memburu barang kerajinan anyaman khas Pulau Lombok, NTB itu, baik di berbagai ajang pameran barang kerajinan maupun bertandang langsung ke sentra-sentra industri kerajinan anyaman di NTB. 



     Menurut dari beberapa pengrajin, industri kerajinan kota Lombok, NTB mengalami banyak peningkatan dan kemajuan. Hal tersebut dikarnakan berkat kerja keras dan kegigihan para pengrajin yang berusaha mengenalkan produk dalam negeri yang berkualitas dengan model-model baru namun tidak sedikitpun menghilangkan unsur seni dan budayah kekhasan daerah lombok. Salah satu pengrajin dan pengusaha yang telah menggeluti bidang ini adalah Murtimah. 
     Murtimah sudah menggeluti bidang industri kerajinan ini hampir kurang lebih 1988.Murtimah sudah berkecimpung dalam industri kerajinan itu walaupun ketika itu masih bekerja pada orang lain. Dengan berbekal pengetahuan dan pengalaman selama bekerja pada orang lain itulah serta dengan modal usaha yang paspasan, Murtimah mulai membuka usahanya sendiri pada tahun 1998 dengan mendirikan rumah produksi dan galeri Wira Jagad Art Shop.ternyata kerja kerasnya berbuah manis kini Murtimah sudah dapat memproduksi sekitar 350 model barang kerajinan anyaman.Kini pesanan mulai datang dari luar pulau Lombok, seperti Jakarta, Surabaya, bahkan sudah mengekspor ke Malaysa.

Sumber:

http://arifh.blogdetik.com/kerajinan-anyaman-pulau-lombok/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar