Selasa, 09 Oktober 2012

Kepribadian Bangsa

Kepribadian bangsa Indonesia

Pada artikel kali ini saya ingin mencoba menjelaskan kepribadian bangsa Indonesia menurut yang saya ketahui, Indonesia terletak pada garis 6°LU - 11°LS dan 95°BT - 141°BT. Dan wilayah Indonesia terletak di daerah khatulistiwa atau dilalui lintang 0°. Dari penjelasan diatas tersebuat Indonesia adalah Negara yang beriklim tropis, Indonesia juga masuk dalam Negara bagian asia timur. Sebelum saya membahas mengenai Kepribadian bangsa Indonesia akan lebih baiknya kita mengetahui ciri-ciri fisik bangsa Indonesia.
Ciri-ciri fisik
1.       Kulit kuning langsat dan coklat
2.       Mata agak kecil dan berwarna coklat & hitam
3.       Hidung kecil
4.       Warna rambut hitam
5.       Tinggi badan normal tidak seperti orang Eropa dll
Setelah mengulas sedikit mengenai ciri-ciri fisik bangsa Indonesia, sekarang saya ingin mencoba menjelaskan kepribadian bangsa Indonesia. Pribadi bangsa Indonesia dapat dilihat didalam Pancasila yang telah disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945, Pancasila itu sendiri adalah dasar Negara Indonesia yang terdapat didalam UUD45, intinya nilai-nilai yang ada didalam Pancasila bersumber langsung dari bangsa Indonesia. Bukan Pancasila yang membentuk kepribadian bangsa akan tetapi bangsa Indonesia yang membentuk Pancasila, oleh sebab itu bangsa Indonesia sebagai kausa material. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yaitu: Ketuhanan, Kemanusiaan, Kebangsaan, Kerakyatan dan Keadilan.
Contoh kecil pada zaman dahulu sebelum agama masuk ke Indonesia, bukan berarti bangsa Indonesia tidak percaya tuhan (atheis). Akan tetapi mereka menganut paham seperti Animisme, Dinamisme, ataupun Totenisme, itu menunjukan bahwa bangsa Indonesia dari zaman dahulu hingga sekarang masih menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhaan. Dapat disimpulkan bahwa bangsa Indonesia memiliki nilai religiu yang tinggi.
Akan tetapi setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki karakteristik/sifat/ciri-ciri fisik yang berbeda dari suku satu dengan suku yang lainnya. Mengapa demikian??? Saya ingat perkataan guru Geografi saya di SMA, beliau mengatakan karakter suatu  daerah dilihat dari ciri-ciri morfologi didaerah tersebut. Contohnya daerah yang ciri fisiknya adalah gurun, gersang dan tandus akan membentuk pribadi yang lebih kasar, ulat dalam bekerja dan ciri fisiknya biasanya kulit hitam. Sedangkan orang yang tinggal didaerh sejuk, seperti dipegunungan akan memiliki sifat lembut, penurut, dan memiliki kulit yang putih bersih.

Kepribadian Bangsa Turki

Menurut sumber yang terpercaya letak geografis Turkie adalah timur dekat Eropa Selatan dan Laut Tengah bagian Timur. Daratan Turkie terletak dikawasan 3 benua yaitu: Benua Asia, Afrika, dan Eropa. Bisa dikatakan Negara ini merupakan perbatasan antara Eropa dan Asia. Akan tetapi Negara ini masuk dalam kawasan asia, karna letaknya yang sangat setrategis budayah yang masuk dan berkembangpun beraneka ragam seperti asia dan eropa. Orang yang sangat berpengaruh pada kepribadian dan system pemerintahan di Turkie  adalah Mustafa Kemal, beliau berhasil mengubah sejarah Turkie yang sangat kental dengan budayah ke-islaman menjadi ke-baratan tujuannya untuk memisahkan urusan agama dengan kehidupan politik Negara disebut juga paham kemalisme.
Karna kuatnya masa pemimpinan dari Mustafa Kemal, beliau berhasil mengeluarkan larangan menggunakan pakaian yang dianggap pakaian agama di tempat-tempat umum dan mengajurkan untuk menggunakan pakaian seperti orang barat, menganti tulisan arab menjadi latin,dan kalender hijriah menjadi kalender masehi. Tujuan dibentuk hal tersebut untuk memajukan atau mengembangkan masyarakan turkie kearah kemajuan, akan tetapi kurang nilainya religious. Adapun ciri fisik bangsa Turkie yaitu: kulit putih, hidung mancung,dll.

Kesimpulan
Kesimpulan dari artikel ini, saya tidak bermaksud untuk membanding-bandingkan bangsa Indonesia lebih baik dari bangsa Turkie ataupun sebaliknya. Akan tetapi satu hal yang saya tahu bahwa Turkie dan Indonesia masuk kedalam kawasan Asia, dan karakteristik dari kedua Negara tersebut adalah Indonesia maupun Turkie sama-sama Negara timur yang kental dengan sifat masyarakatnya yang menjunjung tinggi akan nilai ramah tamahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar